Kubu Jokowi tak tergoda kampanye negatif PKS

REPORTED BY: Insan Praditya

Kubu Jokowi tak tergoda kampanye negatif PKS Sekretaris Tim Kampanye Nasional, Hasto Kristiyanto

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Hasto Kristiyanto mengatakan kubu Jokowi-Ma'ruf tidak tergoda dengan seruan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memperbolehkan kader-kadernya untuk melakukan  kampanye negatif. Menurutnya, TKN tetap fokus membangun hal-hal positif selama kampanye di Pemilu 2019.

"Udah nggak kaget, kami enggak tergoda dan membangun hal yang positif, membangun peradaban, dan menyatukan basis kebudayaan. Itu yang kami lakukan," kata Hasto di Rumah Cemara, Menteng, Jakarta, Senin (15/10/2018).

Hasto mengatakan kampanye negatif memiliki batasan-batasan, misalnya batas etika dalam menyerang lawan politik. Ia juga memberikan contoh cerita wayang Gatot Kaca terkait serangan negatif dari lawannya.

"Semua ada batas etika, ada batas dalam mengekspresikan itu, buat kami kalau kami diserang dalam cerita wayang itu ada namanya gatot koco, Jadi serangan-serangan itu menciptakan mekanisme untuk lebih baik," ujarnya.

Selain itu, Hasto menegaskan Tim Kampanye Nasional pasangan Jokowi-Ma'ruf serta partai koalisi pendukung berkomitmen untuk kampanye positif. Ia mengatakan dalam kampanye pasangan yang berlaga di Pilpres seharusnya saling adu gagasan dan konsep kepemimpinan kedepannya.

"Kita positif ya namanya 100 persen enggak ada lah tapi kita menandatangani kampanye damai, kami adu gagasan, kami adu rekam jejak, kemudian konsepsi bagaimana masa depan indonesia raya ini. itu yang kami sampaikan," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman memperolehkan kader-kadernya untuk berkampanye negatif untuk raup suara dalam Pemilu 2019. Namun, ia memberikan batasan terkait kampanye negatif itu.

Sohibul menjelaskan kampanye negatif adalah kampanye yang fokus pada kelemahan lawan politik yang didasarkan pada fakta. Menurut Sohibul masyarakat harus tahu kelemahan masing-masing paslon di Pilpres 2019.

"Negative campaign yang kita angkat adalah kelemahan lawan kita tetapi ada faktanya. Nggak bohong, itu kalau negative campaign, itu boleh. Sebab publik harus tahu, calon lain ini apa kelemahannya," katanya.

Sohibul menegaskan seluruh kadernya tidak boleh menebar hoaks dan melakukan kampanye hitam atau black campaign untuk meraup suara rakyat. Ia menegaskan hoaks tidak akan ditoleransi oleh PKS.PDIP

"Yang tidak boleh atau zero tolerance itu black campaign, tidak ada toleransi pada fitnah," tutupnya.

Kubu Prabowo nilai kubu Jokowi sering serang dengan isu-isu aneh
Prabowo-Sandi tiga kali minta maaf, PSI : Mesti taubat dan hijrah
Irlandia selidiki pengakuan tiga pilot yang lihat piring terbang
PDI sebut 'poster Jokowi raja' jurus baru kampanye hitam
Mahathir Mohamad temui Vladimir Putin bahas jet tempur
Fahri Hamzah resmikan program magang ke Jepang
Sri waspadai penguatan dolar dan harga minyak
Akar kecanduan air rebusan pembalut
Korban kekerasan seksual di institusi pendidikan jauh dari keadilan
TKD Jabar: Suara Jokowi-Ma'ruf di Priangan Barat dan Priangan Timur masih lemah
DPR desak Kemenag efisienkan pembuatan kartu nikah
Ma'ruf Amin: Masyarakat salah paham soal orang buta dan budek
Demokrat sepakat dengan Sandiaga soal genderuwo ekonomi di pemerintahan Jokowi
Kubu Prabowo sebut penurunan kemiskinan Jokowi kalah dengan Megawati dan Gusdur
DPR nilai sudah seharusnya standar nilai CPNS tinggi
Fetching news ...