Irlandia selidiki pengakuan tiga pilot yang lihat piring terbang

REPORTED BY: Insan Praditya

Irlandia selidiki pengakuan tiga pilot yang lihat piring terbang Ilustrasi piring terbang

 Irlandia selidiki kemunculan UFO (unidentified flying object) yang  di Indonesia dikenal dengan istilah piring terbang. Objek terbang misterius itu dilihat oleh tiga pilot. Pilot pertama mengaku terkejut melihat kemunculan UFO pada hari Jumat pekan lalu, ketika sedang menyelesaikan penerbangan rutin di atas pantai Irlandia.

Menurut pilot itu, objek terbang itu bergerak sangat cepat sehingga dia merasa harus menghubungi pengontrol lalu lintas udara setempat. Kontak dengan pengontrol lalu lintas udara itu untuk memastikan apakah ada latihan militer di daerah tersebut atau tidak.

Pilot perempuan tersebut terkejut, karena jawabannya tidak ada latihan militer. Pilot, yang berada di ujung ekor penerbangan dari Montreal, Kanada, ke bandara Heathrow Inggris, mengatakan kejadian itu tidak biasa.

"Itu muncul di sisi kiri kami (dengan cepat berbelok) ke utara, kami melihat cahaya yang terang dan itu menghilang dengan kecepatan yang sangat tinggi...kami hanya ingin tahu. Kami tidak berpikir itu adalah tabrakan, tentu saja...(hanya ingin tahu) apa yang bisa terjadi," katanya, Selasa (13/11/2018).

Seorang pilot dari Virgin Flight juga mengaku bahwa dia dan krunya melihat dua lampu terang pada pukul 11 ​​yang tampak mengarah ke kanan dan kemudian naik dengan cepat.

Seorang pilot ketiga mengatakan bahwa dia melihat sesuatu yang serupa di atas Irlandia beberapa bulan lalu. Dia menggambarkan objek terbang itu seperti berkecepatan Mach 2. Semua pilot berbicara dalam kondisi anonim.

Tetapi para ahli ragu jika apa yang dilihat para pilot tersebut adalah UFO yang datang dari planet lain.

Apostolos Christou, seorang astronom dari Armagh Observatory and Planetarium mengatakan  bahwa pilot mungkin melihat debu memasuki atmosfer, yang sering disalahartikan sebagai bintang jatuh.

"Itu kemungkinan besar apa yang biasa disebut bintang jatuh," katanya.

"Tampaknya masalah ini sangat cerah sehingga pasti itu adalah sepotong materi yang sangat besar. Saya tidak bisa mengatakan dari deskripsi pilot, tetapi bisa jadi ukuran sebesar buah kenari atau apel," lanjutnya.

Christou mengatakan bahwa fenomena itu cukup umum di bulan November.

"Tampaknya juga ada potongan-potongan yang datang dari objek dan terbang melewati pesawat, itu juga yang Anda harapkan jika itu adalah batu yang sangat besar dari luar angkasa yang menghantam atmosfer, itu akan cenderung terpecah," katanya.

Kendati demikian, Otoritas Penerbangan Irlandia (IAA) mengatakan bahwa mereka tetap menyelidiki penampakan objek terbang tersebut.

"Menyusul laporan dari sejumlah kecil (kru) pesawat pada Jumat 9 November (ada) aktivitas udara yang tidak biasa, IAA telah mengajukan laporan," kata otoritas tersebut dalam sebuah pernyataan.

"Laporan ini akan diselidiki di bawah proses penyelidikan kejadian rahasia yang normal," lanjut pernyataan IAA.

BPN usul pemantau Internasional awasi Pilpres 2019
3 Gunung Indonesia terbaik yang cocok untuk pendaki pemula
Kubu Jokowi klaim paling sedikit langgar aturan kampanye
Siapa pelanggar kampanye terbanyak? Ini kata Bawaslu
Bukan hanya barang, Cina juga bikin Kota Paris versi KW
3 bulan kampanye Pemilu, Bawaslu catat 192 ribu pelanggaran
\
Palestina jadi isu penting agenda diplomasi Parlemen
Penyebab korupsi menurut ahli filsafat Islam
Tanggapi #Sandiwara Uno, PAN: TKN sebaiknya fokus pada kebijakan dan program
Fahri Hamzah setuju pembentukan Pansus KTP elektronik
PDI: BPN pindah ke Jateng justru membangunkan banteng tidur
Sandi dituding playing victim, BPN: Jangan langsung tuduh
Fitnah Jokowi PKI, BPN minta La Nyalla diproses polisi
Momen kampanye, pengamat ragu DPR segera revisi UU perkawinan
Fetching news ...