Ideas

Israel akan terus serang Suriah meski dibantu Rusia

REPORTED BY: Insan Praditya

Israel akan terus serang Suriah meski dibantu Rusia

Militer Israel atau Israel Defence Forces (IDF) akan terus menyerang sasaran Iran di Suriah meskipun Rusia akan membantu Suriah dengan Rudal baru tipe S-300. Hal tersebut dinyatakan oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Selasa (25/09/2018), satu hari setelah Rusia mengumumkan rencana untuk meningkatkan pertahanan Suriah.

“Kami memberikan dukungan penuh kepada militer Israel dalam tindakannya untuk membela negara. Kami akan terus mengambil tindakan untuk mencegah pembentukan kehadiran militer Iran di Suriah, ”kata Netanyahu.

Netanyahu berbicara sebelum berangkat ke New York, ketika dia berencana untuk bertemu dengan Presiden AS Donald Trump pada Rabu pagi. Rencananya mereka akan bertemu di sela-sela sidang Majelis Umum PBB untuk apa yang akan menjadi pertemuan tatap muka kelima mereka.

Rencana Rusia mengenai S-300 akan menjadi bagian penting dari percakapan itu. Israel khawatir bahwa sistem anti-rudal akan membuat lebih sulit bagi militer Israel untuk melakukan serangan udara terhadap target Iran.

Keputusan untuk mentransfer S-300 muncul setelah pesawat perang Rusia ditembak jatuh di atas Suriah pada (17/09/2018), yang menewaskan 15 personel militer Rusia. Rusia menuding Israel bertanggungjawab atas jatuhnya pesawat itu, sementara Israel menuduh Suriah dan Iran menundukkan pesawat.

Terlepas dari perang retorika antara Israel dan Rusia, Netanyahu mengatakan bahwa ia telah berkomunikasi dengan Presiden Rusia, Vladimi Putin. Dalam percakapan dengan  Putin, keduanya sepakat bahwa tentara Israel dan Rusia akan melanjutkan koordinasi keamanan mereka di Suriah.

“Kami akan melanjutkan koordinasi keamanan antara militer Israel dan militer Rusia. Untuk tujuan ini, saya setuju dengan Presiden Putin bahwa militer Israel dan tim kerja militer Rusia akan segera bertemu” tutup Netanyahu.

 

Kemunculan bendera Golkar di kampanye Prabowo adalah masalah pidana
Rizal Ramli sebut Prabowo-Sandi mampu tingkatkan daya beli masyarakat
TKN klaim hubungan luar negeri sebagai keunggulan pemerintahan Jokowi
Jangan lakukan ini sebelum bercinta dengan pasangan
Fahri Hamzah curiga tarif MRT akan mahal
Jerman nilai Rusia dibutuhkan dalam penyelesaian konflik Suriah
Fahri: Curhatan Jokowi persempit dukungan masyarakat
Mahathir Mohamad: Israel seperti perampok
IHSG akan terkoreksi wajar hari ini
Krakatau Steel siap kooperatif dengan KPK
Pemburuan liar semakin marak, Walhi desak pemerintah segera selamatkan Orang Utan
GARBI: Jangan golput, pilih saja figur yang berpengalaman
Jokowi-Ma'ruf kampanye terbuka perdana di Banten
Ini isi tuntutan aktivis lingkungan untuk elit politik
Kubu Prabowo beri pembelaan atas pemecatan guru honorer pose dua jari
Fetching news ...