Ideas

Israel akan terus serang Suriah meski dibantu Rusia

REPORTED BY: Insan Praditya

Israel akan terus serang Suriah meski dibantu Rusia

Militer Israel atau Israel Defence Forces (IDF) akan terus menyerang sasaran Iran di Suriah meskipun Rusia akan membantu Suriah dengan Rudal baru tipe S-300. Hal tersebut dinyatakan oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Selasa (25/09/2018), satu hari setelah Rusia mengumumkan rencana untuk meningkatkan pertahanan Suriah.

“Kami memberikan dukungan penuh kepada militer Israel dalam tindakannya untuk membela negara. Kami akan terus mengambil tindakan untuk mencegah pembentukan kehadiran militer Iran di Suriah, ”kata Netanyahu.

Netanyahu berbicara sebelum berangkat ke New York, ketika dia berencana untuk bertemu dengan Presiden AS Donald Trump pada Rabu pagi. Rencananya mereka akan bertemu di sela-sela sidang Majelis Umum PBB untuk apa yang akan menjadi pertemuan tatap muka kelima mereka.

Rencana Rusia mengenai S-300 akan menjadi bagian penting dari percakapan itu. Israel khawatir bahwa sistem anti-rudal akan membuat lebih sulit bagi militer Israel untuk melakukan serangan udara terhadap target Iran.

Keputusan untuk mentransfer S-300 muncul setelah pesawat perang Rusia ditembak jatuh di atas Suriah pada (17/09/2018), yang menewaskan 15 personel militer Rusia. Rusia menuding Israel bertanggungjawab atas jatuhnya pesawat itu, sementara Israel menuduh Suriah dan Iran menundukkan pesawat.

Terlepas dari perang retorika antara Israel dan Rusia, Netanyahu mengatakan bahwa ia telah berkomunikasi dengan Presiden Rusia, Vladimi Putin. Dalam percakapan dengan  Putin, keduanya sepakat bahwa tentara Israel dan Rusia akan melanjutkan koordinasi keamanan mereka di Suriah.

“Kami akan melanjutkan koordinasi keamanan antara militer Israel dan militer Rusia. Untuk tujuan ini, saya setuju dengan Presiden Putin bahwa militer Israel dan tim kerja militer Rusia akan segera bertemu” tutup Netanyahu.

 

Timses Jokowi sindir soliditas PAN dukung Prabowo-Sandi
KASAD bicara Terrorist Triangle Transit di Washington
FWJ ajak media tangkal hoaks di tahun politik
Gubernur DKI tertibkan 60 reklame ilegal
Bamsoet nilai tak ada unsur kesengajaan pelaku tembak gedung DPR
Dua tersangka dihadirkan dalam rekonstruksi penembakan DPR
Demonstran ajak usir setan yang ganggu KPK
MPR usulkan Perbakin tutup lapangan tembak Senayan
PAN targetkan suara di pulau Jawa
Legislator minta pemerintah tingkatkan layanan penyandang disabilitas
Trump tempatkan konsulat Palestina di bawah kedutaan Israel
Bila diserang, Rusia akan respon serangan rudal dengan senjata nuklir
Puluhan kali gempa, Anak Krakatau berstatus waspada
DPR pertanyakan keengganan pemerintah naikkan harga BBM
Ini alasan Golkar setuju dana saksi pemilu jadi beban negara
Fetching news ...