Komnas sebut sikap posesif pemicu hubungan tak sehat

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Komnas sebut sikap posesif pemicu hubungan tak sehat

Komisioner Komnas Perempuan, Mariana Amiruddin mengatakan sikap posesif adalah salah satu sikap yang memperparah hubungan, baik itu dalam status berpacaran dan suami istri. Ia mengatakan perlu cara berpikir yang sehat dalam sebuah hubungan, walaupun hal itu sedikit sulit dilakukan.

"Kalau posesif itu sikap yang buruk ya, biasanya memperparah hubungan memang. Jadi, dalam sebuah hubungan itu perlu cara berpikir yang sehat, saling percaya tapi terkadang susah, ya, kita kan jarang terbuka satu sama lain," kata Mariana saat dihubungi Rimanews di Jakarta, Rabu (05/12/2018).

Mariana mengatakan pertengkaran dalam setiap hubungan pacaran atau suami istri adalah hal yang wajar. Ia mengatakan yang paling berbahaya adalah jika masalah atau pertengkaran itu tidak dapat diselesaikan oleh kedua pihak, sehingga keduanya merasa tersakiti.

"Biasanya kalau tidak ada penyelesaian dari keduanya terus salah satunya disakiti, tersakiti atau dua-duanya baru itu bisa disebut hubungan yang tidak sehat," ujarnya.

Selanjutnya, Mariana mengatakan dalam setiap hubungan paling penting tidak melakukan kekerasan misalnya dirugikan fisik dan mentalnya. Ia mengatakan dalam sebuah hubungan seseorang harus siap mental jika terjadi kekerasan.

"Kekerasan itu seperti yang sudah dijelaskan membuat seseorang dirugikan bahkan celaka secara fisik dan mental secara psikis dan materi bahkan ada yang mau bunuh diri, ada yang dibunuh juga. Jadi, intinya kalau mau hubungan harus siapkan mentalnya, untuk tidak terjadi perilaku kekerasan," pungkasnya.

BPN usul pemantau Internasional awasi Pilpres 2019
3 Gunung Indonesia terbaik yang cocok untuk pendaki pemula
Kubu Jokowi klaim paling sedikit langgar aturan kampanye
Siapa pelanggar kampanye terbanyak? Ini kata Bawaslu
Bukan hanya barang, Cina juga bikin Kota Paris versi KW
3 bulan kampanye Pemilu, Bawaslu catat 192 ribu pelanggaran
\
Palestina jadi isu penting agenda diplomasi Parlemen
Penyebab korupsi menurut ahli filsafat Islam
Tanggapi #Sandiwara Uno, PAN: TKN sebaiknya fokus pada kebijakan dan program
Fahri Hamzah setuju pembentukan Pansus KTP elektronik
PDI: BPN pindah ke Jateng justru membangunkan banteng tidur
Sandi dituding playing victim, BPN: Jangan langsung tuduh
Fitnah Jokowi PKI, BPN minta La Nyalla diproses polisi
Momen kampanye, pengamat ragu DPR segera revisi UU perkawinan
Fetching news ...