Ideas Sport

Mimpi berlaga di Piala Dunia lewat Gala Siswa

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Mimpi berlaga di Piala Dunia lewat Gala Siswa

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus mendorong Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bagi peserta didik sebagai wujud revolusi mental. Kali ini Program PPK dihadirkan melalui Liga Sepak Bola (Gala) Siswa Indonesia, ajang kompetisi sepak bola bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang akan diselenggarakan pada 2018 mendatang.

“Percayalah nanti akan muncul pemain-pemain yang brilian. Melalui Gala Siswa Indonesia ini kita bisa menyiapkan anak-anak kita,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, dalam sambutannya pada acara Rapat Koordinasi Pengelolaan Pendidikan Berbasis Zonasi Tahun 2017 dan Peluncuran Gala Siswa Indonesia 2018 di Hotel Sahid Jakarta, Senin malam (13/11/2017).

Gala Siswa Indonesia merupakan wadah bagi siswa yang memiliki bakat dan potensi di bidang olah raga sepak bola, khususnya jenjang SMP untuk tahun depan. Namun, ke depan secara bertahap akan ada Gala Siswa Indonesia untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Gala Siswa Indonesia tahun depan diperuntukkan bagi siswa-siswa SMP baik negeri maupun swasta, termasuk  SMP Terbuka dan SMP Satu Atap. 

Ajang bergengsi ini bekerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) dalam memberi ruang bagi siswa, guru, orangtua, sekolah, komunitas sepak bola, suporter sepak bola, dan pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama memajukan persepakbolaan Indonesia. “Saya mohon kerja sama semua kepala dinas terutama daerah-daerah yang mempunyai potensi pemain-pemain bolanya,” tegasnya.

Gala Siswa Indonesia akan diselenggarakan secara berjenjang dan berkesinambungan mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional. Tidak hanya itu, para pemain berbakat dalam Gala Siswa Indonesia ini akan dipersiapkan untuk ajang kompetisi sepak bola tingkat internasional.

Kembangkan bakat

Mengambil tema “Melalui Gala Siswa SMP Membentuk Generasi Cinta Prestasi Akademi, Olahraga dan Berbudi Pekerti Luhur”, kompetisi ini salah satunya bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam sepakbola.

“Ini program yang tak terpisahkan dari Program PPK, karena sepak bola dalam banyak hal memiliki aspek kepribadian yang paling lengkap dan paling favorit atau populer,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, saat memberikan keterangan pers dalam Peluncuran Gala Siswa Indonesia 2018 di Hotel Sahid Jakarta, Senin (13/11/2017).

Gala Siswa Indonesia akan diselenggarakan secara bertingkat, mulai dari tingkat kecamatan, tingkat

Dengan bibit pesebakbola muda yang unggul, disertai dengan terjalinnya rasa kesatuan dan persatuan antara siswa seluruh Indonesia, sepak bola Indonesia akan mampu bersaing dengan tim-tim di berbagai belahan dunia yang memiliki sejarah sepakbola penuh prestasi.

Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman, menyampaikan bahwa melalui Gala Siswa Indonesia, Kemendikbud turut membangun prestasi nasional. "Kami punya akademi olahraga nasional yang akan bekerja sama dengan Kementerian setelah kompetisi selesai," jelasnya.

Piala Dunia

Liga Sepak Bola (Gala) Siswa Indonesia diharapkan merupakan titik awal pencarian bibit pemain sepak bola berbakat Indonesia usia 13-14 tahun. Ajang ini akan terus digelar secara serius dan berkelanjutan guna menyiapkan generasi emas Indonesia berlaga di Piala Dunia serta diharapkan mampu meraih juara pada 2046 mendatang.

Hal tersebut sesuai dengan peta jalan persepakbolaan tanah air yang telah disusun oleh Persatuan Sepak-Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selaku penyelenggara Gala Siswa Indonesia bekerja sama dengan PSSI dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) berupaya membina pemain sepak bola sejak usia dini.

“Kita (Kemendikbud,-) ingin berikan sumbangsih pada bangsa ini. Kemendikbud harus mengantarkan cita-cita itu,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, saat memberikan keterangan pers dalam Peluncuran Gala Siswa Indonesia 2018 di Hotel Sahid Jakarta, Senin (13/11/2017).

Mendikbud mengimbau, masyarakat khususnya pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan agar mendukung dan memfasilitasi anak-anak berbakat di bidang sepak bola. Hal ini, kata dia, semata-mata untuk  terus memajukan persepakbolaan Indonesia. “Sepak bola ke depan akan jadi bagian gaya hidup bangsa Indonesia,” tuturnya.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria menambahkan, melalui ajang ini PSSI memiliki dua target yaitu olahan data pemain untuk talent scouting (pencarian bakat) dan penguatan karakter pemain sejak dini. Para pemain, kata dia, akan terbiasa berlaga dan berkompetisi secara sehat. “Kami mengapresiasi Kemendikbud dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui sepak bola,” ucapnya.

DPR akan tindaklanjuti laporan Amnesty International terkait politik apartheid Myanmar
Membedah masalah guru Indonesia
Program Sosial BI harus mampu meningkatkan kesejahteraan petani
Isi pertemuan Jokowi dengan PM Najib
Kemenag sosialisasi larangan selfie di Masjidil Haram
Fetching news ...