Bukan hanya barang, Cina juga bikin Kota Paris versi KW

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Bukan hanya barang, Cina juga bikin Kota Paris versi KW Replika Menara Eiffel di Tianducheng, Cina.

Bukan hal yang baru bagi negara Cina untuk membuat barang tiruan. Mulai dari barang make up, tas, handphone, sepatu, alat musik, barang elektronik, alat olahraga, pakaian, tas dan beragam benda lainnya, semua yang laris di pasaran dunia dan menghasilkan pundi uang dalam jumlah gigantis pasti dapat kita temukan di China.

Tak hanya itu, kini Cina juga menghadirkan sebuah kota di Perancis, Paris, dalam versi KW. Kota itu bernama Tianducheng. Cina berhasil menyulap kota Tianducheng seperti Paris, lengkap dengan menara Eiffelnya.

Kota ini dikembangkan pada 2007. Gedung dan bangunan dalam kota Tianducheng memang dirancang sebagai replika kota Paris. Tak ketinggalan dibangun juga menara yang merupakan kembaran menara Eiffel serta alun-alun Champs d'Elysees, yang merupakan ikon dari Paris.

Tianducheng sendiri merupakan kompleks real estate yang berada di area Hangzhou. Menara yang dibangun bentuknya menyamai Eiffel, tingginya sekitar 300 kaki dan ukurannya sepertiga dari ukuran aslinya. Terdapat juga air mancur yang merupakan replika dari Jardin du Luxembourg.

Nyaris 90 persen sendi-sendi kompleks yang berjuluk 'Sky City' ini menyerupai Paris yang kita kenal sebagai pusat mode dunia di Perancis.

Bahkan saking miripnya kita bak menyaksikan Menara Eiffel, air mancur, gedung, patung-patung dan semua ikon kota Paris diboyong ke kompleks berkapasitas lebih dari 10.000 penduduk ini.

Bentuk area yang sangat mirip dengan kota romantis, tak heran Tianducheng sering jadi tujuan banyak calon pengantin untuk melakukan sesi foto pre-wedding. Namun sayang sampai saat ini kota tersebut masih sangat sepi.

Tak banyak orang yang tinggal di sini. Pembangunan pun masih terus dilakukan terutama area jalan dan bangunan agar makin banyak orang yang tertarik untuk tinggal di kota " Paris" ala China.

Tak hanya Tianducheng, otoritas China juga membangun kompleks perumahan dengan konsep serupa yang mengimitasi kota-kota ternama di Italia, Jerman, Belanda dan Austria.

Jokowi pilih kostum khusus saat debat dengan Prabowo
Demokrat nilai pembentukan TGPF Novel sarat kepentingan politik Jokowi
Fahri Hamzah: Debat pilpres jangan seperti lomba cerdas cermat
Jelang debat, Zulkifli Hasan sarankan Prabowo-Sandi santai-santai
Rizal Ramli tak percaya lembaga survei
Ignasius Jonan mangkir, DPR kecewa
Anggota DPR banyak tak lapor harta kekayaan, ini kata sang Ketua
Polemik pembangunan tol, Fahri Hamzah: itu tol punya swasta
TKN pertimbangkan gelar pidato kebangsaan ala Jokowi
Arus modal masuk berpotensi buat IHSG naik hari ini
Kemendikbud tak ingin ada sekolah favorit
Ini tiga ciri pemerintahan Jokowi otoriter menurut Amien Rais
 Lagu Jogja Istimewa dijiplak pendukung Prabowo, Ini respons Kubu Jokowi
PKS nilai pidato Prabowo tepis anggapan pesimisme
Kubu Prabowo minta KPK periksa Tjahjo Kumolo terkait kasus Meikarta
Fetching news ...