Ini provinsi yang jadi kekhawatiran kubu Jokowi

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Ini provinsi yang jadi kekhawatiran kubu Jokowi

Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G. Plate mengatakan tim kampanye telah melakukan analisis terkait daerah-daerah yang diwaspadai oleh Koalisi Indonesia Kerja dalam kampanye untuk Pilpres 2019 mendatang. Menurut Johnny, ada sembilan provinsi yang menjadi perhatian tim kampanye.

"Kita menganalisis betul memang ada 9 daerah atau provinsi yang menjadi tekanan atau perhatian dan itu sudah kami lakukan analisisnya dengan baik," kata Johnny di Jakarta, Minggu (19/08/2018).

Johnny mengatakan di antara sembilan provinsi yang diwaspadai, beberapa provinsi terlihat ada perubahan. Ia juga mengatakan tim kampanye akan memperbaiki profil kontestasi di sembilan daerah itu. 

"Saat ini sudah jauh berbeda, jauh lebih kuat, jauh lebih solid dan lebih berakar. Kita berharap tentu akan memperbaiki profil kontestasi di 9 wilayah provinsi," lanjutnya.

Johnny menjelaskan sembilan provinsi yang diwaspadai tersebut di antaranya adalah Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Barat, Jawa Barat, Banten, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan. Oleh sebab itu, ia bersama tim kampanye bekerja sama menjaga basis elektoral di sembilan daerah itu.

"Ya kami bekerja betul-betul fokus untuk basis elektoral tentu dengan kampanye yang realistis, kampanye yang menjaga suasana demokrasi yang benar benar menjunjung silaturahim," pungkasnya.

Sebelumnya, pada pemilihan presiden tahun 2014 yang lalu Jokowi dan Jusuf Kalla memilki suara rendah di beberapa provinsi. Dari pantauan Rimanews, pada pemilu 2014 Jokowi meraih suara rendah di beberapa wilayah: Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Barat , Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Riau. Jawa Barat, dan Banten.

Kendati demikian, di beberapa wilayah lainnya Jokowi yang pada saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla sukses memimpin suara dan memenangi Pilpres 2014.

Kubu Jokowi tuding Sudirman Said bohong
PKS akan berjuang hapus pajak penghasilan
PKS nilai tax amnesty memihak pengusaha
Kubu Jokowi tuding kubu Prabowo tidak ingin debat terbuka
Pendukung Enembe kembali geruduk KPK
PKS: penghapusan pajak tingkatkan daya beli masyarakat
Kubu Prabowo sayangkan pernyataan Mendagri soal dana desa
PKS minta Gubernur Riau tak arahkan rakyat dukung Jokowi
Sudirman nyatakan perpanjangan kontrak Freeport bukan kemauannya
PAN izinkan Gubernur Riau dukung Jokowi asal tak masuk timses
PAN akan beri bantuan Ketum PA 212
Ketum PA 212 undang pimpinan parpol
IHSG kembali lewati level 6.500
Gerindra: Jokowi Pilgub DKI dibiayai keuntungan lahan Prabowo
BPN nilai Prabowo sudah detail
Fetching news ...