Siapa pelanggar kampanye terbanyak? Ini kata Bawaslu

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Siapa pelanggar kampanye terbanyak? Ini kata Bawaslu Pelanggaran kampanye.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward Siregar enggan menyebutkan ke publik terkait klasifikasi paslon capres dan cawapres yang paling banyak melakukan pelanggaran kampanye selama tiga bulan. Sebab, menurutnya Bawaslu hanya memberikan pengawasan saja.

"Kami yang melihatnya adalah pelanggaran apakah alat peraga adalah iklan melihat dari segi dari itunya, bukan dari partai mana dari calon presiden seperti apa, karena fokusnya adalah untuk memberikan pengawasan yang sama, tidak adanya unsur ketidaknetralan yang tidak terjadi dan informasi didapat oleh masyarakat," kata Fritz dalam sebuah diskusi di Menteng, Jakarta, Sabtu (15/12/2018).

Fritz mengatakan klasifikasi pelanggaran kampanye tersebut baiknya dilakukan oleh lembaga lain. Sebab, menurutnya Bawaslu saat ini fokus pada pengawasan, pencegahan dan penindakan pelanggaran kampanye.

"Kami kan sekarang kan lebih fokus kepada pengawasan, pencegahan dan penindakan pelanggaran, apa yang diharapkan adalah sehingga proses sebuah laporan tersebut dapat ditindaklanjuti, jadi tujuannya adalah agar proses tersebut dapat ditindaklanjuti sehingga penegakan hukum Pemilunya itu bisa terlaksana," ujarnya.

Sebelumnya, Fritz juga mengungkapkan Bawaslu menerima hampir 192.129 laporan yang diduga pelanggaran Pemilu. Selain itu, Ia mengatakan pihaknya menerima 176.493 pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye di tempat yang dilarang.
"Bawaslu telah menemukan dan menerima hampir 192.129 laporan dan temuan," kata Fritz saat ditemui wartawan di Menteng, Jakarta, Sabtu (15/12/2018).

Adapun laporan rinci lainnya, Fritz mengungkapkan terdapat 49 laporan pelanggaran kampanye di tempat ibadah, 33 pelanggaran kampanye di tempat pendidikan dan 126 pelanggaran di tempat-tempat yang difalisitasi pemerintah

Jokowi pilih kostum khusus saat debat dengan Prabowo
Demokrat nilai pembentukan TGPF Novel sarat kepentingan politik Jokowi
Fahri Hamzah: Debat pilpres jangan seperti lomba cerdas cermat
Jelang debat, Zulkifli Hasan sarankan Prabowo-Sandi santai-santai
Rizal Ramli tak percaya lembaga survei
Ignasius Jonan mangkir, DPR kecewa
Anggota DPR banyak tak lapor harta kekayaan, ini kata sang Ketua
Polemik pembangunan tol, Fahri Hamzah: itu tol punya swasta
TKN pertimbangkan gelar pidato kebangsaan ala Jokowi
Arus modal masuk berpotensi buat IHSG naik hari ini
Kemendikbud tak ingin ada sekolah favorit
Ini tiga ciri pemerintahan Jokowi otoriter menurut Amien Rais
 Lagu Jogja Istimewa dijiplak pendukung Prabowo, Ini respons Kubu Jokowi
PKS nilai pidato Prabowo tepis anggapan pesimisme
Kubu Prabowo minta KPK periksa Tjahjo Kumolo terkait kasus Meikarta
Fetching news ...