BNPB: Bencana alam meningkat, kami kewalahan

REPORTED BY: Insan Praditya

BNPB: Bencana alam meningkat, kami kewalahan Ketua Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB), Doni Monardo

Ketua Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengatakan lembaganya kewalahan karena bencana alam seperti gempa bumi mengalami peningkatan. Ia mengatakan pada tahun 2017 volume gempa ada sekitar 7.000, sementara tahun 2018 volume gempa 11.000.

"Gempa mengalami peningkatan, tahun lalu kalau tidak salah jumlah mencapai 7000, tahun 2018 mencapai 11.000, artinya volume gempa semakin meningkat," kata Doni kepada wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (23/01/2019).

Doni mengatakan BNPB kewalahan dalam penanganan bencana dibeberapa titik sementara saat ini masih menangani empat daerah yang terdampak bencana yakni Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Banten, dan Lampung Selatan. Ia juga mengatakan BNPB memiliki kendala, karena tidak memiliki akses langsung kepada BPBD yang berinduk pada pemerintah daerah.

"BNPB jujur kewalahan ya, organisasi BNPB tidak sampai ke bawah, BNPB tidak memiliki akses langsung kepada BPBD, karena BPBD itu berinduknya kepada pemerintah provinsi dan kabupaten kota," ujarnya.

Doni mengatakan sudah menyampaikan kepada pimpinan DPR RI untuk mengevaluasi Undang-undang terkait struktur dan komando BNPB dengan BPBD tingkat kabupaten kota, sehingga apabila terjadi bencana penanganannya lebih cepat.

"Tadi oleh pimpinan rapat disampaikan perlu ada evaluasi terhadap UU, mudah-mudahan dengan ada revisi ini ada perubahan dimana strukturnya semakin kuat. BNPB punya jalur komando ke tingkat kabupaten kota, sehingga kalau terjadi sesuatu penanganannya lebih cepat dan kehadiran negara akan dirasakan langsung oleh masyarakat," tuturnya.

Selain komando BNPB dan BPBD tingkat kabupaten kota, Doni mengatakan hal itu juga mampu untuk menguatkan kerja sama yang berhubungan dengan sosialisasi-sosialisasi bencana dan latihan-latihan bersama.

"Yang berhubungan juga dengan pengurangan resiko bencana, apa mitigasi, sistem peringatan dini yang lebih baik lagi, kemudian sosialisasi. Latihan-latihan, kesiap-siagaan, kantong-kantong logistik," pungkasnya.

Rizal Ramli sebut mobil Esemka alat politik Jokowi
Rizal Ramli: Jokowi impor pangan ugal-ugalan
Pidato Prabowo disebut klise, BPN samakan Prabowo dengan Bung Karno
Amerika Serikat rugi Rp38 triliun
Sempat ditolak, Prabowo akhirnya shalat jumat
Kedengkian terhadap mantan picu impotensi
TKN: Jokowi sudah persiapkan jurus hadapi debat kedua
PSI minta kubu Prabowo klarifikasi soal tudingan Jokowi pakai konsultan asing
Kubu Jokowi nilai Prabowo cari panggung
TKN nilai tak masalah menteri bantu Jokowi susun materi debat
Simulasi Prabowo menang di 12 daerah dinilai hanya kipasan angin surga
Aktivis lingkungan nilai Jokowi komitmen kelola SDA untuk rakyat
Gubernur Enembe tak bersalah, warga Papua desak KPK minta maaf
PSI nilai manuver politik oposisi soal tudingan konsultan asing terlalu bodoh
Kubu Jokowi: Kemenangan di Jawa Barat jadi barometer suara nasional
Fetching news ...