Cara cerdas memanfaatkan libur panjang lebaran

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Cara cerdas memanfaatkan libur panjang lebaran

Pada lebaran 2018, pemerintah telah menyiapkan waktu libur pada 11-19 Juni 2018. Rentang libur panjang ini harus dimanfaatkan secara cerdas supaya membawa hasil yang lebih baik.

Dengan rentang waktu libur selama sembilan hari tersebut, belum ditambah dua kali libur akhir pekan, seharusnya cukup memberikan kesempatan bagi Anda dalam merayakan hari besar keagamaan itu dengan lebih berkualitas.

Bagaimana memanfaatkannya secara optimal?

1. Buat rencana

Anda harus membuat segala rencana, mulai dari pembelian tiket kendaraan hingga semua kegiatan untuk mengisi liburan Anda. Hindari acara-acara yang kurang penting karena selain dapat menguras keuangan Anda juga dapat membuat kesehatan Anda menurun karena terlampau sibuk.

2. Segera mudik

Jika berencana pulang kampung, sebaiknya Anda memprioritaskan mudik lebih awal guna menghindari puncak arus lebaran. Selain membuang waktu percuma, kemacetan di puncak arus mudik juga menguras dompet dan tenaga Anda; bahkan, tahun lalu sejumlah korban berjatuhan akibat kemacetan parah di Tol Cipali, Pantura Jawa Barat-Jawa Tengah.

Jika memutuskan mudik lebih awal, Anda akan dapat menikmati lebaran di kampung halaman dengan tenang, terlebih di perjalanan karena tidak perlu buru-buru dalam perjalanan.

3. Atur keuangan

Anda tidak perlu bangkrut usai mudik lebaran. Pasalnya, ada kehidupan yang akan terus berlanjut usai mudik Lebaran. Tanpa disadari, Anda sering kali tidak memikirkan atau meremehkan hal tersebut, yang akhirnya membuat Anda kehabisan uang usai sepulangnya Anda dari kampung halaman.

Untuk mengatur keuangan secara lebih cermat, ada beberapa tip:

- Anggarkan Sejak Awal

Anggarkan semuanya dalam beberapa bagian, seperti Zakat, THR, akomodasi, sedekah, memberikan hadia, ataupun rekreasi. Jangan lupa anggarkan juga pengeluaran hidup yang Anda butuhkan usa lebaran.

- Jangan banyak pegang uang tunai

Cukup bawa sedikit uang tunai saat mudik. Simpan uang Anda di rekening. Selain akan lebih aman dan praktis, kesulitan dalam bertransaksi tentu saja akan membuat Anda enggan dan malas untuk berbelanja.

- Sisakan THR Anda

Jika mudik membuat semua uang THR dari tempat Anda bekerja habis, artinya Anda bangkrut. Meskipun THR memang diperuntukkan untuk berbelanja segala keperluan lebaran atau kebutuhan lainnya, sejatinya itu adalah uang gaji Anda yang seharusnya ada alokasi untuk ditabung.

4. Pastikan lebaran tahun ini lebih menyenangkan

Mudik adalah momen menyenangkan yang selalu Anda tunggu setiap kali Ramadhan tiba. Jadi, persiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik daripada tahun kemarin. Yang patut Anda perhatikan adalah menjaga kondisi fisik tetap prima.

Sebagian Muslim ikut lebaran waktu Saudi
Keterlibatan menteri di tim kampanye tanda kesetiaan kepada Jokowi
PKS nilai Jokowi lambat merespons gempa Lombok
Alasan 9 sekjen Koalisi Indonesia Kerja naik moge ke KPU, ikuti tren?
Tim pemenangan Prabowo-Sandi beredar di WhatsApp, ini jawaban Gerindra
PKS desak Jokowi tetapkan status gempa Lombok jadi bencana nasional
Menag tenangkan jemaah haji usai terjangan hujan dan badai pasir
Mardani minta FPI konsisten dukung #2019GantiPresiden
Sinyal Mahfud MD kembali ke pangkuan Prabowo
Ini provinsi yang jadi kekhawatiran kubu Jokowi
Koalisi Indonesia Kerja perkuat tim kampanye
PDIP sebut kampanye terselubung Jokowi di Asian Games hal biasa
5 kesalahan mengirim lamaran pekerjaan via email
Hadapi puncak haji, jemaah mulai bergerak ke Arafah
Raihan medali perdana Indonesia di hari pertama Asian Games
Fetching news ...